Panasonic Kembangkan Baterai Lithium-ion Tipis Sampai Dapat Dilipat

Berita Blak-Blakan - Satu hal yang tidak dapat dilepas dari perangkat mobile adalah komponen baterai sebagai sumber daya. Panasonic yang merupakan salah satu perusahaan besar dunia telah berhasil menjadi pembuat teknologi terdepan dalam memasok baterai dalam merangkat mobile seperti smartphone dan lain-lain. Kini perusahaan asal Jepang itu kembali dengan memperkenalkan baterai lithium-ion terbaru.

Berbeda dengan baterai biasa, bateai terbaru milik Panasonic ini fleksibel yang berarti bisa ditekuk. selain itu juga mempunyai kefleksibilitas yang sangat luar biasa, batrai kembangan Panasonic ini sangat tipis, yakni hanya mempunya tebal setebal 0,55 mm. Tentu dengan dimensi dan kemampuan fleksibel yang dimiliki baterai ini sangat cocok digunakan pada perangkat wearable atau perangkat elektronik kecil lainnya.

Baterai yang baru diciptakan oleh Panasonic ini mempunya kemampuan fleksibilitas, di mana baterai dapat dilipat hingga 15 derajat dan dapat dikembalikan ke bentuk semula dengan sendirinya. Karena baterai yang dibuat untuk perangkat mobile atau wearable, tentu baterai ini mempunay kemampuan dapat diisi ulang.

Karena masih merupakan tahap awal pengembangan, jadi kapasitas yang dimiliki oleh baterai ini masih dapat terbilang sangat minim. Ketiga model baterai ini masih mempunyai kapasitas 17,5 mAh, 40mAh dan juga 60mAh. dengan kapasitas serendah itu, tentu tidak akan dapat digunakan pada perangkat smartphone belum mencukupi. Namun dengan pengembangan baterai, mungkin Panasonic dapat membuat baterai flesibel dengan kapasitas yang lebih besar.

Dengan kemampuan yang dapat dilipat, faktor keamanan masih menjadi hal yang utama, namun perusahaan yang juga mengklaim jika terdapat keamanan yang mereka gunakan dalam lapisan khusus di bagian luar mempunyai susunan material tidak mudah bocor dan tidak akan mengalami panas berlebih walaupun dibenkokan atau ditekuk berulang-ulang.

Baterai flesibel lithium-ion dari Panasonic yang bakal tersedia dalam penjualan pada akhir bulan Oktober nanti. Para perusahaan besar dunia yang juga saat ini berlomba-lomba dalam menghadirkan perangkat yang mempunyai sifat fleksibel. Saat ini smartphone yang juga terkenal akan felsibilitasnya adalah LG G Flex series. Dengan pengembangan baterai dan komponen flesibel lainnya, mungkin dalam beberapa waktu mendatang akan banyak perangkat fleksibel yang tersedia dalam pasaran.

(Fer/Er)

No comments

Powered by Blogger.