Pemeritah Harus Tindak Kecurangan Google


BeritaBlakBlakan - Google yang juga saat ini berhasil menjadi sorotan. Pasalnya, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang tengah menyelidiki kasus dugaan pemdomplengan pajak yang terjadi dilakukan Google di Indonesia.

Menurut pengamat telekomunikasi Heru Sutadi, pemerintah harus menunjukkan ketegasan terhadap Google. Kasus yang diduga menjadi penghindaran pajak oleh Google juga terjadi di negara lain.

"Penghindaran pajang yang telah dilakukan Google bukan cuma terjadi di Indonesia, melainkan sudah terjadi di banyak negara mereka melakukan hal itu. Solusi yang telah di tegaskan kita, disertai bukti yang kuat, serta harus dilakukan secara integrasi oleh semua instansi," ujar Heru.

Senada juga mengungkapkan Pendiri IndoTelko Forun, Doni Ismanto. Pemerrintah sebagai regulator yang harus tegas mendindak perusahaan asing yang juga tidak menaati aturan yang telah berlaku.

"Negara yang juga dianggap seperti tak ad oleh pemain asing ini, karena yang mau ditegakkan regulasi malah merasa nggak  ada regulasi. Berarti, konsep Nawacita di ekonomi digital itu tidak ad. Di mana keberadaan negara dirasakan masyarakat?" ujar Doni.

Sementara itu, Head of Communication Google Indonesia Jason Tedjasukmana juga menegaskan bahwa Google juga selalu taat dalam memenuhi kewajiban perpajakan sejak pertama kali hadir di Indonesia.

"PT Google Indonesia juga telah beroperasi sebagai perusahaan Indonesia sejak 2011. Kami juga akan terus bekerja sama dengan pemerintah Republik Indonesia, dan taat membayar semua pajak yang berlaku di Indonesia," Jelasnya.

(Fer/Er)

No comments

Powered by Blogger.